PLANT

Alternanthera brasiliana (L.) Kuntze

(Bayam Ungu)

Famili: Amaranthaceae

Deskripsi :

Tumbuhan dengan bentuk hidup herba semak dapat tumbuh hingga 0.9 m. Daunnya tunggal yang tumbuh saling berhadapan-bersilangan satu sama lain, berbentuk ellips, dengan tepi yang agak bergelombang. daun berwarna ungu tua. perbungaan membentuk bongkol (bulat) berwarna putih yang tumbuh diujungujung tangkai. Tumbuhan ini tumbuh merumpun, berasal dari Benua Amerika.

Manfaat Ekologis :

biasa digunakan sebagai tanaman pembatas/pagar karena warnanya yang menarik dan bentuknya yang ornamental. Tumbuhan ini bisa juga dimanfaatkan untuk taman tematik yang ditanam berdasarkan formasi tertentu.
 

Kegunaan Lainnya :

Daun dapat dimasak dan dijadikan sayuran ataupun dimakan sebagai obat antidiare. Penelitian juga menyebutkan tanaman ini berpotensi menjadi afrodisiak dan berguna sebagai antimikrobial dalam skala kecil.

Referensi :

Fem,K.,Fem,A.,&Morris,R.(2014).Aternantherabrasiliana.RetrievedOktober30,2017,fromUsefulTropicalPlantsDatabase: http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Alternanthera+brasiliana

National Parks Board. (2013). Alternanthera brasiliana 'Brazilian Red Hots' (L.) Kuntze. Retrieved Oktober 30, 2017, from NParks Flora and Fauna Web: https://florafaunaweb.nparks.gov.sg/special-pages/plant-detail.aspx?id=2368