PLANT

Schefflera actinophylla (Endl.) Harms

(Pohon Payung)

Famili: Araliaceae

Deskripsi :

Pohon yang tumbuh hingga 12 meter, merupakan tumbuhan asli Australia dan New Guinea. Tumbuh hingga 10 meter, daunnya majemuk palmatus (menjari), berukuran besar, tumbuh tersusun berseling pada tangkai daun. Bunga berwarna merah tumbuh pada tangkai panjang yang tumbuh diujung percabangan. Buahnya berdaging, ketika matang berwarna ungu sampai merah.

Manfaat Ekologis :

Sebagai tanaman ornamental indoor atau outdoor, tanaman hias, tanaman tematik untuk taman dan tanaman  pagar dipinggir jalan. Buahnya sebagai makanan beberapa jenis burung seperti bulbul merah, gagak dan jalak eropa.

Kegunaan Lainnya :

Pohon ini dapat menyera atau menyaring benzena (zat karsinogenik) dari udara. Daun, batan dan akarnya digunakan sebagai obat tradisional di Cina, yaitu bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan meringankan rasa sakit. Esktrak Schefflera mengandung asam fumarat dan asam-gamma hidroksibutirat.

Referensi :

Gilman, E.F. dan Dennis G.W. 1994. Schefflera actinophylla. Diakses dari http://hort.ufl.edu/trees/SCHACTA.pdf

Plant Rescue: A Comprehensive Plants and Flowers Database. Schefflera actinophylla. Diakses dari http://www.plantsrescue.com/schefflera-actinophylla/