PLANT

Aleurites moluccanus (L.) Willd

(Kemiri)

Famili: Euphorbiaceae

Deskripsi :

Pohon tumbuh hingga 20m, batang abu-coklat, daun tunggal sedikit menjari dengan beberapa lobus atau bulat telur-ellips yang tumbuh secara tersebar. Bagian atas permukaan daun yang masih muda berwarna putih mengilap seperti perak. Permukaan daun bagian bawah berbulu halus dan mengilap seperti karat. Terdapat dua kelenjar yang terlihat jelas pada pangkal daun.
 

Manfaat Ekologis :

Pada sejumlah lahan pertanian, kemiri umumnya ditanam sebagai penahan angin, pembatas, penaung, stabilisator tanah dan pengisi lahan-lahan yang kosong. Di daerah perkotaan, kemiri umumnya ditanam sebagai pohon peneduh dan memberikan pemandangan yang indah dengan daunnya yang lebar dan bunga putih kecilnya yang menarik.
 

Kegunaan Lainnya :

Hampir semua bagian dari pohon kemiri seperti bunga, buah, akar, daun dan batang dapat dimanfaatkan, baik untuk obat-obatan tradisional, bahan bangunan, bahan pewarna, bahan makanan, dekorasi dan lainnya. Minyak kemiri digunakan sebagai minyak pengering pada industri cat, pernis, sabun, kosmetik atau sebagai perangsang pertumbuhan rambut dan bahan aditif dalam perawatan rambut.
 

Referensi :

Krisnawati, H., Kallio, M., & Kanninen, M. 2011. Aleurites moluccana (L.) Willd. Ekologi, Silvikultur dan Produktivitas. Bogor: Center For International Forest Research.
Estrada, F., Ruben, G., Mudjijati dan Nani, I. 2007. Pengepresan Minyak Kemiri dengan Cara Pengepresan dan Dilanjutkan Ekstraksi Cake Oil. Widya Teknik Vol.6(02) hlm.121-230