PLANT

Gmelina arborea Robx.

(Jati Putih)

Famili: Verbenaceae

Deskripsi :

Pohon ini berasal dari Asia Tenggara, tingginya dapat mencapai 40 m dengan diameter 140 cm. Jati putih memiliki daun bersilang atau berbentuk jantung (10-25 cm x 5-18 cm). Tumbuhan jati putih memiliki bunga dengan diameter 2,5 - 5 cm. Buah berbiji dengan panjang 1,8 -2,5 cm. Ketika matang buah berwarna kuning mengkilat.

Manfaat Ekologis :

Pohon ini cocok digunakan untuk program restorasi dalam skala besar karena sangat mudah tumbuh dibawah sinar matahari dan tepian hutan. Di Thailand, pohon jati putih ini digunakan dalam program restorasi hutan alam karena sifat pertumbuhannya yang cepat. Dapat juga digunakan sebagai tanaman kombinasi pada sistem intercrops dengan singkong, kopi, coklat.

Kegunaan Lainnya :

Buah pohon ini dapat dikonsumsi. Serat kayu jati putih menghasilkan pulp dengan kualitas yang sangat baik; dalam industry kertas. Kayu jati putih dapat dimanfaatkan untuk furnitur, korek api, dan kayu untuk konstraksi ringan.

Referensi :

Orwa, C; Mutua, A.; Kindt R.; Jamnadass, R; Anthony S.. 2009. Agroforestry Database: A Tree Reference and Selection Guide Version 4.0. World Agroforestry Centre: Kenya.

Useful Tropical Plant: Gmelina arborea diakses dari http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Gmelina+arborea