PLANT

Agave attenuata Siklok

(Salm Dyck)

Famili: Agavaceae

Deskripsi :

Merupakan tumbuhan sukulen yang daunnya tumbuh tersusun rapat dalam lingkaran yang saling bertumpuk Tingginya dapat mencapai 1-1,5 m, daun tebal berdaging berbentuk lanset dengan ujung yang ditumbuhi oleh duri yang meruncing, tepi daun rata. Perbungaan tumbuh dalam bulir yang panjangnya mencapai 3,7 m membentuk struktur seperti ekor serigala, berwarna kuning keabuan. Sebaran alaminya berasal dari Meksiko (Plateau Jalisco).

Manfaat Ekologis :

Tumbuhan ornamental yang sering ditanam di taman atau dalam pot karena bentuknya yang unik. Dapat juga digunakan untuk keperluan taman tematik.

Kegunaan Lainnya :

Tumbuhan ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C, E dan K serta berbagai kalsium dan mineral yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, meningkatkan fungsi syaraf dan otot, meningkatkan silrkulasi darah dan lainnya. Di beberapa negera di Eropa, Agave diolah menjadi snack bar.

Referensi :

Plants and Flowers. 2010. Agave attenuata. Diakses pada Oktober 30 2017 dari: Plants Rescue: http://www.plantsrescue.com/agave-attenuata/