PLANT

Cassia siamea L.

(Johar)

Famili: Fabaceae (Leguminosae)

Deskripsi :

Pohon Johar merupakan tanaman jenis asli Asia Tenggara. Batangnya bulat berwarna putih kotor. Daunnya majemuk dan berwarna hijau. Pertulangan daunnya menyirip genap dan mempunyai anak daun berbentuk bulat panjang. Bunganya majemuk, berwarna kuning, dan terletak di ujung batang. Buahnya berupa polong dan bijinya berbentuk bulat telur.

Manfaat Ekologis :

Johar sering ditemukan dalam sistem Agroforestry sebagai tanaman sela, tanaman tepi, maupun berfungsi sebagai penghalang angin. Johar juga bermanfaat untuk pengendali erosi, reklamasi (termasuk bekas tambang), naungan, dan tempat inang bagi kayu cendana.

Kegunaan Lainnya :

Kayu Johar seringkalai digunakan untuk mebel dan panel dekoratif. Daun Johar dapat digunakan sebagai pakan ternak dan obat tradisional (obat malaria, gatal, kudis, kencing manis, demam, luka, dan dimanfaatan sebagai tonik karena memilki kandungan flavonoid dan karatenoid yang cukup tinggi.

Referensi :

Hendrati, Dr.Ir Rina Laksmi, MP & Hidayati, Nur, S.Hut, M.Sc. 2014. Budidaya Johar (Cassia seamea) Untuk Antisipasi Kondisi Kering. Bogor: IPB Press