PLANT

Bauhinia purpurea L.

(Bunga Kupu-kupu)

Famili: Fabaceae

Deskripsi :

Bauhinia purpurea memilki habitus perdu. Tinggi dari tanaman ini bisa mencapai hingga 5 meter. Kulit batangnya berwarna cokelat keabu-abuan. Daunnya berkuran 10 – 20  m, berwarna hijau, dan bentuknya menyerupai sayap kupu-kupu. Tamanan ini memiliki bunga berwarna merah muda dan terdiri atas lima kelopak.

Manfaat Ekologis :

Tanaman ini mempunyai nilai estetika yang baik dan mempunyai fungsi sebagai peneduh sehingga banyak ditemukan pada hutan kota. Selain itu, tanaman ini mampu menyerap polusi, meredam kebisingan, dan penahan erosi.

Kegunaan Lainnya :

Tanaman ini mempunyai kandungan anti-bakteri, anti-diabetes, analgesic, anti-inflammatory, anti-diare, anti-kanker, nephroprotective, dan aktivitas regulasi hormon tiroid. Selain itu dapat digunakan untuk mengobati nyeri, rematik, pembengkakan paha, kejang, dan diare.

Referensi :

Hidayat, Inawan Wahyu. 2010. “Kajian Fungsi Ekologis Jalur Hijau Jalan Sebagai Penyangga Lingkungan Pada Tol Jagorawi”. Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas – LIPI. Bogor
Khairwal, Karar, & Kachan. 2009. “Bauhinia purpurea: Agroforestry Database 4.0”. http://www.worldagroforestry.org/treedb/AFTPDFS/Bauhinia_purpurea.PDF. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2017