PLANT

Anacardium occidentale L.

(Jambu Monyet)

Famili: Anacardiaceae

Deskripsi :

Pohon berasal dari Amerika Selatan dapat mencapai tinggi hingga 12 m dan diameter 40cm. Daun tebal berbentuk jorong atau lonjong terbalik dengan posisi berselingan, tulang daun menyirip, ujungnya bulat. Warna daun kemerahan saat muda dan hijau gelap saat dewasa. Bunga berwarna merah, harum. Buah berwarna coklat keabu-abuan. Tangkai daun membengkak dan berwarna merah ketika buah matang. Batang mengandung getah hitam.

Manfaat Ekologis :

Pohon ini dapat ditanam di tanah berpasir atau buruk kualitasnya untuk memeriksa potensi erosi. Digunakan pada sistem agroforestry sebagai media tumbuh Vanilla maupun sebagai tanaman pengisi bersama beberapa komiditi pertanian dan perkebunan lainnya.

Kegunaan Lainnya :

Kacangnya bisa dimakan (kacang mete) setelah dipanaskan (dipanggang atau direbus). Batang buah yang bengkak bisa dimakan mentah, namun semua bagian tanaman mengandung racun kulit yang mengiritasi, Saat dipanaskan zat ini hancur. Berbagai bagian pohon digunakan sebagai obat. Getah resinnya berfungsi sebagai bakterisida, fungisida dan pembasmi cacing tanah serta protozoa.
 

Referensi :

Silk, F. Plants of Southeast Asia . [online] http://www.asianplant.net/. diakses tanggal 25 oktober 2017.
http://www.worldagroforestry.org/treedb/AFTPDFS/Anacardium_occidentale.PDF. diakses tanggal 26 oktober 2017.
http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Anacardium+occidentale