PLANT

Acacia mangium Willd

(Akasia)

Famili: Fabaceae (Mimosaide)

Deskripsi :

Pohon dengan tinggi mencapai 30 m, batang beralur memanjang, batang muda berkulit mulus dan kehijauan Daun berupa phyllode dengan tulang daun pararel Perbungaan banyak kecil putih atau krem seperti paku Buah polong ketika matang berwarna cokelat gelap, bijinya hitam melekat di kulit polong Tumbuh alami di hutan tropis, sebaran alami dari Papua Nugini dan Kepulauan Maluku.

Manfaat Ekologis :

Pohon sebagai pohon penaung, ornamental, pembatas, penahan angin dan pengendali erosi dalam sistem wanatani Berguna juga sebagai kompetitor gulma (Imperata cylindrica) mengatur nitrogen udara, merehabilitasi sifat fisika dan kimia tanah dan meningkatkan aktivitas biologi tanah karena menghasilkan banyak serasah.

Kegunaan Lainnya :

Kayu nya untuk bahan baku pulp, kertas, papan partikel, krat, kepingan kayu, molding, mebel dan vinir serta sebagai sekat bakar penahan api Esktrak daunnya dapat digunakan sebagai bahan pewangi parfum Batang dan kulit batangnya dapat diekstrak menghasilkan tanin untuk bahan pewarna malam batik dan bahan perekat produk kayu komposit.

Referensi :

Krisnawati, H Kallio, M dan Kanninen, M 2011 Acacia mangium Willd Ekologi, silvikultur dan produktivitas CIFOR, Bogor, Indonesia
Djulaika, R 2001 Karbohidrat Dalam Esktrak Tanin Kulit Kayu Akasia (Acacia mangium Wild)