Selva Menanam 6.0: Tanamkan Rasa Cinta Hutan Kepada Anak Usia Dini di Jatiroke, Sumedang

Oleh: Faza Iza Mahezs BW’19 & Nadia Alifya Zahra BW’19

Sekolah Menanam atau biasa dikenal sebagai SENAM merupakan salah satu program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Divisi Kolaborasi Kemasyarakatan yang bertujuan untuk mengenalkan pentingnya hutan kepada masyarakat, khususnya pada anak usia dini. Pada tahun ini, pelaksanaan SENAM telah mencapai periode ke-6. SENAM 6.0 mengusung tema “Sehat Bersama Hutan” dengan harapan bahwa kegiatan ini dapat mengenalkan fungsi hutan bukan hanya sebagai penyeimbang lingkungan, melainkan sebagai sumber dari kesehatan jasmani melalui pemanfaatan hasil hutan bukan kayu berupa obat-obatan.

Pada kesempatan kali ini, kegiatan Sekolah Menanam HMH ‘Selva’ ITB berkolaborasi dengan TK Islam Terpadu Al-Jabar. Pelaksanaan kegiatan berlangsung di Kantor Sekretariat Forum Komunikasi Gunung Geulis yang berada di Desa Jatiroke, pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022. SENAM 6.0 diikuti oleh 32 anak-anak TK yang berasal dari kelas A dan B serta 40 massa Selva.

SENAM 6.0 diharapkan dapat menjadi wahana untuk menanamkan rasa cinta kepada hutan sejak dini agar generasi mendatang dapat lebih menghargai hutan dan lingkungan sehingga kelestariannya akan terus terjaga. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menjadi langkah dalam melebarkan jangkauan sayap kemasyarakatan sebagai mahasiswa Rekayasa Kehutanan sehingga dapat terus memberikan manfaat tidak hanya kepada anak-anak namun kepada seluruh lapisan maskyarakat khususnya yang ada di Desa Jatiroke.

Leave a Comment

Your email address will not be published.